Saturday, June 13, 2020


Stasiun Malang Ke Kampung Warna Warni Jodipan Jalan Kaki

 Stasiun Malang ke Kampung Warna Warni Jodipan cuma jalan kaki? apakah benar begitu? apakah jarak ke kampung warna warni jodipan cukup dekat? Bagi wisatawan pengguna Kereta Api yang memilih turun di Stasiun Malang Kota Baru bakal memang lebih dekat jika ingin berkunjung ke Warna Warni Malang.

Jika hanya ingin ke tempat wisata Kampung Warna Warni Jodipan saja memang tak harus menggunakan kendaraan jika dari Stasiun Malang karena jaraknya terbilang cukup dekat, cuma jalan kaki santai estimasi waktu tempuh 3 - 5 menit saja bakalan sampai. 

Jadi untuk para backpackeran atau muda mudi pengguna transportasi umum terpanjang yaitu Kereta Api dan memilih untuk turun di Stasiun Malang Kota Baru bakal tak perlu keluar biaya kendaraan tuk bisa ke Kampung Warna Warni Jodipan malang, apalagi sekarang pintu baru yaitu Pintu Timur menjadi pintu terdekat dari Stasiun Malang ke Kampung Warna Warni Jodipan.

stasiun malang kampung warna warni jodipan
kaskus.co.id
Alamat : Desa Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.
Jam Buka Tutup : 06:00 - 18:00 Wib
Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000
Parkir Motor : Rp. 2.000
Parkir Mobil : Rp. 5.000

Awal dahulu Kampung Warna Warni Jodipan Malang ini memang seperti layaknya kampung biasa yang kebetulan berada di bantaran sungai brantas malang, salah satu sungai terkenal juga panjang melingkari beberapa kota khususnya di jawa timur. Dan tempat ini menjadi salah satu percontohan kepedulian lingkungan tentang budaya membuang sampah di sungai yang ingin dihilangkan dan lokasi kampung warna warni menjadi lokasi percontohannya.

Memang tak mudah untuk bisa mewujudkan hal tersebut, banyak orang yang terlibat untuk bisa mewujudkan akan hal itu. Dan kemudian ada pembenahan yang salah satunya adalah adanya pengecatan beberapa rumah supaya terlihat lebih menarik dan lebih mudah untuk terlihat, akan tetapi hal tersebut menjadi daya tarik pengunjung hingga sampai menjadi lokasi wisata yang murah di malang hingga sampai saat ini.

Salah satu perusahaan cat ternama juga turut andil dalam kebutuhan cat dalam kegiatan ini, selang beberapa waktu memang kampung jodipan malang terlihat menarik karena dalam pengecatannya disetiap spot dan rumah berbeda beda. Hal inilah yang menjadikan kampung yang dahulu bukan menjadi lokasi tempat wisata menjadi tempat wisata sampai sekarang dan terkenal dengan sebutan Kampung Warna Warni Malang atau Kampung Jodipan Malang.

Hampir sama seperti Paralayang Batu Malang yang dahulu menjadi tempat olah raga yang berubah menjadi tempat wisata, sama - sama mempunyai keunikan tersendiri menjadikan kedua tempat wisata selalu dibanjiri pengunjung baik dari penduduk lokal batu malang dan tak ketinggalan dari berbagai kota di Indonesia datang langsung untuk dapat memastikan lebih dekat dengan kampung dengan warna beragam ini.

Bagaimana tak penasaran, tersebut bukti foto maupun video Kampung Warna Warni Malang yang kebanyakan dijadikan background foto selfie muda mudi dan tak ketinggalan anak maupun orang tua. Meski sekarang sudah banyak bermunculan kampung yang mempunyai konsep sama seperti Kampung Warna Warni, akan tetapi pesona dari kampung ini serasa tak pernah memudar.

Jembatan Kaca
Foto yang sering menjadi urutan teratas di search engine Google.com adalah dari jembatan peninggalan belanda yang hingga sekarang masih berdiri kokoh. Jembatan Bug Gluduk yang berada di Jl. Gatot Subroto ini menjadi bukti kontruksi bangunan peninggalan jaman penjajahan belanda hingga sekarang banyak yang masih berdiri kokoh dan menjadi icon bersejarah dan saksi bisu peninggalan belanda hingga saat ini.

Meski setiap hari tak pernah sepi dilewati kendaraan kecil hingga truk bertonase puluhan ton, akan tetapi jembatan peninggalan belanda ini tetap menunjukkan kekohohan bangunan peninggalan belanda tanpa pernah terlihat ada perbaikan walaupun usia dari jembatan Bug Gluduk ini sudah tak lagi muda.

Tak hanya mempunyai 1 jembatan, tetapi mempunyai spot yang menarik lainnya adalah Jembatan Kaca yang dirancang oleh seorang arsitek dari Universitas ternama di Malang yaitu dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang juga telah teruji kekuatannya untuk bisa dipakai pengunjung berfoto sembari merasakan sensasi berjalan di kaca pada ketinggian 25 meter dari sungai brantas malang.

Untuk dapat melintasi jembatan kaca kampung warna warni malang memang ada pembatasan jumlah yaitu maksimal 25 orang, tetapi tak usah kawatir akan tak kebagian atau berebut dengan pengunjung lain karena ada petugas tersendiri yang akan mengatur hal tersebut dan pastinya semua pengunjung bisa merasakan sensasinya dan menemukan spot terbaik untuk berfoto selfie.

Bagi penderita Acrophobia yaitu yang takut akan ketinggian bakal menjadi momen tak terlupakan jika sampai bisa melewati jembatan kaca tersebut, seru, asik juga menegangkan pastinya. Tetapi jangan lupa untuk mengabadikannya dengan smartphone atau kamera untuk bisa disimpan di social media facebook atau Instagram Anda.

Sebenarnya ada 1 jembatan lagi yaitu Jembatan khusus untuk kereta api yang berada di sisi paling timur, untuk pengguna kereta api gajahyana, matarmaja tujuan malang pastinya akan melewati jembatan tersebut dan bisa melihat Kampung Warna Warni dari dalam gerbong kereta api.

Jika masih bingung dan ingin mengetahui lebih jelas tentang hal tersebut, Panduan Wisata Ke Batu Malang semoga akan bisa lebih membantu Anda.

Nama Stasiun Terdekat
Bagi masyarakat lokal untuk urusan informasi stasiun dekat kampung warna warni malang sudah bakal paham betul, akan tetapi bagi pendatang atau wisatawan pastinya tak semuanya tahu informasi ini. Bila ingin mencari stasiun terdekat dari kampung warna warni malang pastikan untuk memilih turun di "Stasiun Malang Kota Baru" dengan kode "ML" pada website atau aplikasi pemesanan tiket kereta api.

Stasiun Malang Kota Baru sendiri adalah stasiun terbesar di Malang yang lokasinya dekat dengan beberapa lokasi wisata dan salah satunya Kampung Jodipan Malang. Untuk jarak kurang lebih 500 meter saja, jadi jika barang bawaan tak banyak dan ringan. Untuk muda mudi bisa berjalan kaki santai dengan estimasi waktu hanya 5 menit saja kok, jika bingung gunakan aplikasi maps untuk rute jalan kaki ke Kampung Warna Warni Malang.

Akan tetapi jika sebelum jalan kaki sobat ingin mencari kuliner dekat stasiun malang harga murah, sobat hanya butuh menyeberang jalan ke arah selatan saja. Terlihat kendaraan perang militer yaitu 1 tank Amphibi yang dijadikan seperti monumen pada sebuah taman dan disebelah taman kecil tersebut terdapat pujasera yang cukup luas dengan menu makanan juga minuman yang cukup beragam dan pastinya murah meriah.

Tempat Menarik Dekat Kampung Warna Warni
Untuk yang juga ingin masih melakukan perjalanan wisata ke tempat lain yang dekat dengan Kampung Warna Warni Malang dan berikut beberapa tempat menarik untuk yang bisa jadi tujuan ketika seharian di Kota Malang.

1) Kampung Tridi
Tiket Masuk : Rp. 3.000
Berlokasi dekat dari Warna Warni Jodipan Malang, pengunjung Warna Warni akan tahu lokasinya dengan melihat tulisan besar tertempel pada bawah poros utama. Sayang jika tak sekaligus berkunjung ke Kampung Tridi yang cukup hanya dengan berjalan kaki.

Mencari lokasi spot foto menarik juga sangat mudah disini, dengan background warna-warna menarik dengan mural ala 3 dimensi banyak ditemukan di Kampung Tridi, seperti halnya di Kampung Warna Warni Jodipan, tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisatawan ketika berkunjung ke Malang

2) Alun Alun Malang
Tiket Masuk : Gratis
Sembari hunting lokasi asik, duduk santai dibawah rindangnya pohon beringin besar sembari melihat suasana pusat dari Kota Malang akan menjadi cerita yang mengesankan. Jika ingin mengulik lebih jauh tentang malang, Alun - Alun Malang yang dikelingi pusat perbelanjaan hingga masjid terkenal di Malang dapat menambah informasi tentang seputar Malang.

Berkunjung ke Alun Alun Malang bakal asik ketika malam hari dengan suasana warna warni lampu Mall pusat perbelanjaan yang mengelilingi kawasan Alun Alun Merdeka Malang akan menambah suasana menyenangkan selama berada di titik Nol nya kota Malang ini.

3) Kayutangan Heritage 
Tiket Masuk : Gratis
Jika dari Alun Alun Malang cukup berjalan kaki tak sampai 10 menit karena memang lokasinya sangat dekat, seperti halnya Malioboro Yogyakarta ini tempat nongkrong asik dan unik apalagi pada hari sabtu tepatnya Malem Minggu dengan warna warni lampu sembari menikmati jajanan unik disekitaran kiri kanan Jalan Kayutangan dan bisa melihat rumah unik era kolonial di Kampoeng Kajoetangan.

Bagi muda mudi kekinian lokasi ini bisa menjadi tempat menyenangkan sembari melihat pertunjukan seni musik yang digelar biasanya juga mulai sore hari hingga malam ketika hari tertentu termasuk Malam Minggu. Jadi sekaligus dari Stasiun Malang ke Kampung Warna Warni Jodipan pada pagi hari dan malamnya bisa berkunjung ke sini.

4) Pasar Bunga Malang
Tiket Masuk : Gratis
Bagi penyuka tanaman jenis apapun, Anda bisa melihatnya disini sekaligus bisa membawanya pulang ketika harganya sudah cocok dengan taksiran Anda. Berbagai jenis bunga hingga tanaman hias jenis kaktus pun bakal banyak dipajang pemilik stand Pasar Bunga Malang.

Wisata santai 1 hari dekat Warna Warni Malang yang pastinya gratis tanpa dipungut biaya untuk masuk ke Pasar Bunga Splendid ini, jika masih ingin mencari lagi lokasi yang gratis yuks lanjut ikutin ceritanya. Jika dari Malang Heritage sebenarnya sangat dekat dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki saja seperti halnya dari Stasiun Malang ke Kampung Warna Warni Jodipan.

5) Pasar Ikan Malang
Tiket Masuk : Gratis
Biasanya warga lokal Malang belanja seputar kebutuhan ikan dari Aquarium, ikan, makanan ikan dan pernak pernik isian aquarium dapat membelinya di pasar ikan malang. Berbagai jenis ikan juga dipasarkan disini mulai dari ikan Koi hingga Arwana Golden Red sekalipun bisa ditemui disini.

Lokasinya pun masih bisa dibilang satu lokasi dengan Pasar Bunga Malang, jadi bisa sikaligus berkunjung tinggal hanya mengatur waktunya saja, berkunjung ke tempat yang belum pernah dikunjungi bisa jadi wisata meski lokasi ini kebanyakan dikunjungi oleh masyarakat lokal Malang saja.

6) Taman Rekreasi Kota ( Tarekot )
Tiket Masuk : Rp. 2.000
Masih di dekat stasiun, dari pasar bunga bisa berjalan kaki ke Tarekot Malang dan menikmati beberapa koleksi hewan yang mungkin sudah tak ditemui di alam liar perkotaan hingga kolam renang. Lokasinya kurang terlihat dari jalan, untuk acuan lokasinya yaitu berada di belakang kantor Balaikota Kota Malang.

Tarekot lokasinya pun sangat dekat dengan lokasi sebelumnya yaitu Pasar Bunga ataupun Pasar Ikan yang cukup ditempuh hanya dengan berjalan kaki saja, sengaja lokasi kesemuanya cukup ditempuh dengan berjalan kaki seperti lokasi awal yaitu dari Stasiun Malang ke Kampung Warna Warni Jodipan cuma jalan kaki saja.

6) Tugu Malang
Tiket Masuk : Gratis
Memang hanya sebuah tugu yang dikelilingi oleh taman berbentuk membundar, akan tetapi tempat ini terbilang cukup pas jika digunakan untuk bersantai bersama. Sembari menikmati suasana sore hari atau malam hari yang akan terlihat lebih cantik dengan hiasan lampu - lampu penerangan yang ditata apik.

Malam adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Tugu Malang dan tempatnyapun terlihat dari pintu Barat Stasiun atau Pintu Lama Stasiun Malang Kota Baru yang juga bisa ditempuh cukup dengan berjalan kaki santai kurang dari 10 menit saja.

Labels